-->

Wednesday, December 18, 2019

Tempat Wisata Di Bogor Populer Ini Wajib Anda Kunjungi

 Bogor merupakan salah satu kota yang bisa menjadi pilihan bagi warga Jakarta dan sekitarnya,untuk berwisata maupun melepas penat di akhir pekan. Di kota seluas 118,50 km2 ini terdapat beragam pilihan wisata yang bisa dilakukan mulai dari wisata alam maupun wisata kuliner semuanya lengkap tersedia di sini.

Ya, kota Bogor yang memperingati hari jadinya setiap tanggal 3 juni ini memang mempunyai banyak tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan.


1. Istana Bogor

Jika ditanya apakah tempat wisata yang wajib pertama kali dikunjungi ketika berlibur ke Bogor, mungkin jawabannya adalah Istana Bogor. Istana kepresidenan yang sekarang menjadi tempat tinggal Presiden Joko Widodo ini merupakan salah satu ikon kebanggaan masyarakat kota Bogor.

Salah satu hal yang membedakan istana Bogor dari Istana kepresidenan lainnya dan menjadi ciri khasnya adalah adanya rusa-rusa yang dipelihara di Istana tersebut. Warga bogor dan sekitarnya biasanya mengisi akhir pekan atau liburan dengan berjalan-jalan di sekitar sambil memberi makan rusa-rusa tersebut.

Istana Bogor yang dibangun tahun 1744 di tanah seluas 28 hektar ini ini pada awalnya merupakan tempat peristirahatan bagi gubernur Belanda.Istana yang pada zaman Belanda ini disebut istana Buitenzorg pernah di renovasi tahun 1850 karena rusak parah akibat gempa bumi.

Istana Bogor ini mempunyai bangunan induk, sayap kiri dan sayap kanan yang mempunyai fungsi masing-masing. Bangunan induk digunakan untuk penyelenggaraan acara kenegaraan, bangunan sayap kiri digunakan untuk menyambut tamu negara luar, dan bangunan sayap kanan untuk menyambut kepala negara dari luar negeri.

Selain itu, pengunjung juga terdapat ruang kantor pribadi kepala negara, perpusatakaan, dan juga berbagai koleksi karya seni hadiah dari tamu negara. Koleksi karya seni tersebut antara lain lukisan, patung, keramik, dan juga perabotan kayu dari Jepara.
Istana Bogor Rusa

Walaupun sekarang istana tersebut menjadi tempat tinggal presiden, namun masyarakat umum tetap bisa berkunjung ke dalamnya, tentu dengan meminta izin ke pihak istana terlebih dahulu.

2. Kebun Raya Bogor

Tempat wisata kebun Raya Bogor ini masih satu wilayah dengan Istana Bogor.Jadi setelah melihat istana bogor, pengunjung juga bisa melihat beragam koleksi tanaman dari berbagai macam negara di Kebun Raya Bogor.

Diperkirakan ada sekitar 15.000 pohon dan anaman dari dalam maupun luar negeri yang menjadi koleksi dari kebun raya bogor saat ini. Selain beragam tanaman, di kebun raya bogor ini juga terdapat museum zoologi yang mengkoleksi kerangka hewan dan juga hewan yang telah diawetkan.

Selain museum zoologi, salah satu spot di Kebun Raya Bogor yang menjadi favorit wisatawan untuk berfoto adalah jembatan Gantung merah. Jembatan gantung merah ini memang sering sekali digunakan untuk pemotretan, terutama untuk prewedding karena mempunyai latar pemandangan yang indah.

Selain yang sudah disebutkan diatas, di Kebun Raya Bogor ini pengunjung juga bisa membeli souvenir atau bibit tanaman di Garden shop. Pengunjung juga bisa melihat fasilitas lainya yang ada di kebun raya bogor seperti taman meksiko, Kolam teratai, tugu reindwart dan masih banyak lagi.
Kebun Raya Bogor Flower Collection

Jika dilihat dari sejarahnya, kebun raya bogor ini dahulu adalah hutan buatan yang dibuat pada masa pemerintahan prabu suliwangi dari kerajaan pajajaran. Di zaman pemerintahan Gubernur Inggris, Thomas Stamford Raffles, ketika tinggal di istana Bogor,hutan buatan itupun kembali dikembangkan menjadi sebuah taman yang cantik.

Kebun Raya Bogor seluas kurang lebih 47 hektar ini akhirnya diresmikan pada tanggal 18 Mei 1817 dengan nama Lands Plantentuin te Buitenzorg. Kebun Raya Bogor ini juga menjadi tempat penelitian beberapa tanaman baik dari dalam maupun luar negeri oleh para ahli botani.
Kebun Raya Bogor Fresh Dome

Tiket masuk ke Kebun Raya Bogor ini adalah mulai dari 16.000 rupiah per orangnya, dan tempat wisata ini buka mulai pukul 8.00-16.00 WIB. Untuk mengelilingi kebun Raya ini , selain berjalan kaki pengunjung juga bisa menyewa sepeda atau mobil wisata berkapasitas maksimal 7 orang seharga 15.000 rupiah per orangnya.

3. Taman Safari Indonesia Bogor

Salah satu tempat wisata di bogor yang juga terkenal di kalangan para wisatawan adalah Taman Safari Indonesia yang ada di Cisarua, Bogor. Di tempat wisata ini pengunjung akan berkeliling menggunakan mobil dan dapat berinteraksi lebih dekat lagi dengan berbagai jenis hewan yang ada di sana.

Sebelum menjadi Taman Safari seperti sekarang ini, dahulu tempat ini adalah kawasan perkebunan kina seluas 50 hektar yang sudah tidak produktif lagi. Tempat ini pun akhirnya dikembangkan dan dibuat menjadi pusat penangkaran satwa liar di Indonesia dan diresmikan tanggal 16 Maet 1990.
Taman Safari Icon

Di Taman Safari Bogor seluas 168 hektar ini pengunjung dapat melihat sekitar 2.500 satwa berbagai jenis dari seluruh dunia, seperti harimau Benggala, singa, gajah, dan lainnya. Selain bersafari melihat beragam hewan, di sana pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana rekreasi dan juga melihat pentas atraksi hewan.

Salah satu program yang ditawarkan pengelola taman safari yang bisa dinikmati oleh para wisatawan adalah Night Safari atau Safari Malam. Di sini pengunjung akan merasakan pegalaman bersafari melihat kehidupan hewan-hewan tersebut di malam hari.

Dengan menggunakan kereta mini terbuka yang sudah disediakan, pengunjung akan berkeliling di taman safari di temani oleh guide yang akan memandu perjalanan. Saat Safari night ini pengunjung juga bisa berwisata kuliner di Tsavo Lion Restaurant sambil ditemani singa yang berkeliaran di malam hari.

Setelah bersafari malam, pengunjung juga dapat menikmati beragam pertunjukan yang disajukan di Night Safari tersebut, seperti pertunjukan tentang drama perburuan hewan dan juga fire dance.

Night Safari itu sendiri berlangsung setiap hari sabtu atau di hari libur mulai pukul 18.30 sampai 21.00 WIB.
Taman Safari Tour

Lokasi Taman Safari Bogor yang ada di daerah Cisarua cukup strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan probadi.

Untuk Jam operasionalnya sendiri tempat ini dibuka mulai pukul 9.00-17.00 WIB, dan harga tiket masuk yang ditawarkan untuk berkunjung ke Taman Safari ini adalah sebesar 140.000 hingga 150.000 rupiah per orangnya.

4. The Jungle Water Adventure

Tempat wisata di Bogor lainnya yang bisa dikunjungi bersama teman dan juga keluarga adalah The Jungle Water Adventure. Di tempat wisata ini pengunjung dapat menikmati beragam wahana permainan air dengan latar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango.

Ada 12 wahana permainan air yang ada di tempat wisata seluas 3,8 hektar yang sudah berdiri sejak tahun 2008 ini. Kedua belas wahana itu antara lain Kiddy pool, Aqua pool Fountain Futsal, leisure pool, lazy river, racer slide, dan yang lainnya.
The Jungle Kiddy Playground
Di The Jungle Water Adventure ini pengunjung juga dapat menonton film 4 dimensi sesuai jadwal yang sudah disiapkan pengelola. Sama seperti menonton film 4D di bioskop, pengunjung akan menikmati menonton menggunakan kacamata 4D dan juga merasakan sensasi seperti kursi bergoyang, semburan air dan bau terbakar.

Selain wahana air yang beragam, Jungle water adventure juga mempunyai bird park atau taman burung yang mengkoleksi puluhan jenis burung. Selain bisa menjadi sarana edukasi bagi pengunjung, terutama anak-anak, pengunjung juga dihibur dengan pentas aksi burung-burung yang lucu di “Bird Show”

Tak hanya taman burung, di The Jungle ini juga terdapat wahana Snow World yang membuat pengunjung merasakan salju seperti saat musim dingin. Disini pengunjung juga bisa melakukan berbagai permainan seperti bermain lempar bola salju, membuat boneka salju, bermain seluncur dan lain sebagainya.
The Jungle Kiddy Fun

Untuk menuju ke lokasi The jungle Water Adventure ini aksesnya cukup mudah, karena lokasinya strategis tak jauh dari tol Bogor, tepatnya di Bogor Nirwana Residence. Dan untuk menuju ke The Jungle ini pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Untuk Jam oprasionalnya, The Jungle Waterpark ini buka di hari senin sampai jumat mulai pukul 10.00-18.00 WIB dan di akhir pekan mulai pukul 9.00-18.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya sendiri dibanderol mulai dari 80.000 hingga 100.000 rupiah per orangnya.

Tags :

bm

Agung Apriansyah